Search this blog

Sabtu, 04 Oktober 2014

Tari Berpasangan dan Tari Kelompok Nusantara






  Tari Berpasangan dan Tari Kelompok Nusantara - Pengertian Tari Berpasangan merupakan komposisi tari yang diperagakan oleh dua orang penari secara berpasangan. Tari kelompok adalah tari yang dibawakan oleh tiga orang atau lebih saling mengisi. Selain keunikan

Keunikan Tari Berpasangan dan Tari Kelompok Nusantara
Setiap karya tari diciptakan memiliki perbedaan dengan tari yang lainya. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari segi tema,unsur tari,maupun unsur unsur pendukungnya.Perbedaan perbedaan tersebut yang membuat keunikan tarian tiap daerah di Nusantara. Berikut akan kami uraikan berbagai keunikan tari berpasangan dan kelompok nusantara. 



1. Tari saman
   Tari saman merupakan salah satu tarian dari Aceh yang sangat terkenal. Tarian ini berasal dari Dataran tinggi Gayo. Nama saman berasal dari salah satu utama besar Aceh,yaitu Syech Saman. Syair yang digunakan untuk mengiringi tari saman menggunakan bahasa Arab dan bahasa Aceh. Tari saman ditampilkan dengan tepuk tangan para penari yang dikombinasi dengan memukul dada dan pangkal paha sebagai sinkronisasi dan menghempaskan dada ke berbagai arah,serta nyanyian atau suara penyanyi.
Tarian ini dipadukan dengan seorang pemimpin tarian yang disebut Syech. Para penari saman dituntut memiliki konstrentrasi yang tinggi dan latihan yang serius agar dapat menampilkan tarian dengan sempurna. 
Tari saman dibawakan secara kelompok,kurang lebih 10 orang dengan 8penari dan 2 orang sebagai pemberi aba aba sambil bernyanyi. Tari saman biasanya ditampilkan untuk merayakan peristiwa peristiwa penting dalam adat masyarakat aceh, serta untuk merayakan kelahiran Nabi Muhammad SAW.
http://alamtakiya73.blogspot.com/ 
2. Tari Payung
http://alamtakiya73.blogspot.com/ 
 
Tari payung merupakan tarian pergaulan yang dibawakan secara berpasangan.Tarian ini dibawakan oleh sepasang muda-mudi yang menggunakan properti payung. Tarian ini melambangkan perlindungan lelaki terhadap wanita. properti payung lebih banyak digunakan oleh penari laki laki,sedangkan wanita (penari wanita) mengekspresikan gerakannya dengan selendang yang dikenakan di belakang bahu. Busana tari Payung hampir sama dengan tarian Melayu lainya. Busana penari pria satu stel baju kecak musang,kain saping,dan tandak (songkok). Busana penari wanita meliputi satu stel kebaya labuh dan selendang.

3. Tari Serampang Dua belas
  Tari serampang dua belas yang diciptakan oleh sauti ini menggambarkan atau mengisahkan cinta suci yang terjalin dari pandangan pertama hingga ke pelaminan. Serampang dua belas merupakan tari pergaulan. Tari ini diiringi oleh lagu Serampang dua belas,biola atau akordeon,gendang, dan sebuah gong (tawak tawak) . 
http://alamtakiya73.blogspot.com/

Busana penari pria ,meliputi satu stel kecak musang ,kain samping , dan sok(peci). Adapun,busana untuk penari perempuan,antara lain baju kebaya labuh dengan kain sarung songket dan selendang yang dikenakan di pinggang.
4. Tari Janger
  tari janger merupakan tarian yang memadukan unsur tari dan musik. Tari jengger sering di sebut sebagai tarian muda mudi secara berpasangan. Tarian Jenger dibawakan oleh sekitar 10 sampai 12 penari wanita dan lakilaki. Tarian ini terdiri dari atas 2 kelompok,yaitu kelompok janger (penari wanita) dan kelompok kecak (penari pria). 
http://alamtakiya73.blogspot.com/ 

Gerakanya sangat sederhana. Para penari menari sambil menyanyi bersaut sauttan dalam suasana riang gembira. Gerakan tari jenger  dibawakan dalam posisi bersimpuh dan posisi duduk. Tari jenger diiringi oleh 2 gamelan,batel. Namun , kadang kadang dilengkapi dengan gender wayang. Dalam pertunjukan,para penari biasanya membentuk formasi segi empat. Masing Masing dua baris berhadap hadapan.

5. Tari Bedaya
  Tari bedaya atau bedhoyo merupakan sala satu tarian wanita yang hidup di lingkungan keraton. pada zaman kerajaan mataram,tari bedaya berfungsi sebagai pembawa benda benda kerajaan. Oleh karena itu,tarian ini mempunyai sifat religius. Komposisi tarinya dibawakan oleh 9 penari putri dengan irama halus dan lemah gemulai.
http://alamtakiya73.blogspot.com/

 Tarian ini menggambarkan perjalanan hidup masnuia dari lahir sampai meninggal dunia yang digambarkan secara simbolis. Keseimbangan penari Bedaya gaya yogyakarta mempunyai nama,yaitu endel pojok ,batak ,jangga ,dada ,buntil ,apit ngajeng ,apit wingking ,endel weton ngajeng, dan endel weton wingking. Peran utamanya adalah batak.
Tari Bedaya ada beberapa jenis , antara lain Bedaya semang (ciptaan Sultan hamengkubuwono 1 tahun 1792) , Bedaya Ketawang (ciptaan Sultan agung 1613-1645) , Bedaya Bedah Madiun (ciptaan sultan hamengkubuwono 2) dan bedaya Sangaskara (ciptaan sultan hamengkubowono IX). Di antara beberapa jenis tari Bedaya tersebut,tari Bedaya Semang dianggap yang lebih tua dan lengkap. bedaya semang diiringi dengan gendhing semang, sedangkan bedaya ketawang diiringi gamelan ketawang.
6. Sendratari Ramayana
  Sendratari Ramayana adalah salah satu tari kelompok yang sangat populer di jawa. Sendratari ini dipentaskan pertama kali pada tahun 1961. Koreografernya adalah Dr. Soeharso,kusumakesowo, Ny.Djoko Suhardjo,dan S.ngaliman. Penata iringannya adalah Ki Cokrowasito dan Ki Marto Pangrawit. 
http://alamtakiya73.blogspot.com/

Kostumnya di tata oleh kusnadi. Sendratari ini digarap secara kolosal yang mengisahkan tentang cerita cinta antara Sr Rama dan Dewi Sinta yang dikemas dalam bentuk drama tari tanpa dialog. Samapi saat ini,beberapa wisata di Yogyakarta masih secara rutin menyelngaarakan pentas sendratari Ramayana ini, misalnya di taman wisata candi Prambanan dan Candi Borobudur. Sendratari Ramayana dapat dipergelarkan di gedung tertutp dan dipanggung terbuka. Sendratari ramayana sekarang dikemas untuk pertunjukan wisatawan.

7. Tari Hudoq
  Hudoq Merupakan tari ritual suku Dayak Bahau dan Modang di kalimantan Timur. Tari ini biasanya dibawakan oleh 11 penari , yang setiap penari memakai topeng yang berbeda.Tarian ini erat hubungan nya dengan keagamaan. Tari hudoq dimaksudkan untuk memperoleh kekuatan dalam mengatasi gangguan hama erusak tanaman dan mengharapkan diberikan kesuburan dengan hasil panen yang banyak.
http://alamtakiya73.blogspot.com/

Tarian Hudoq didominasi oleh gerakan tangan dan  kaki. Tari hudoq dipimpin oleh pawang.pawang akan memberikan sesaji kepada Dewi Padi dan Po'Mantau (sang pencipta alam semesta). Setelah  itu, ia memanggil roh roh yang berdiam di alam untuk masuk ke dalam tubuh penari. Penari akan menari nari mengikuti irama musik selama kemasukan Ruh ruh yang masuk kedalam tubuh penari ini yang diminta untuk memelihara tanaman,mengusir hamba,dan menjaga desa. Setelah penari selesai membawakan tariannya , pawang meminta roh roh tersebut untuk kembali ketempat semula. 
8. Tari Gending Sriwijaya 
  Tari Gending Sriwijaya diilhami oleh masa kejayaan kerjaan Sriwijaya. Tari Gending Sriwijaya dewasa ini dianggap sebagai tarian keraton palembang. Tarian ini digelar untuk menyambut para tamu istimewa yang berkunjung ke daerah tersebut. gending sriwijaya merupakan tarian yang dibawakan oleh penari perempuan berjumlah genap. kostum yang dipakai sangat mewah yang ditunjukan dengan kain songket berbenang emas dan perhiasan.
http://alamtakiya73.blogspot.com/
Gerakanya sangat anggun dan lamban. Gerakanya banyak menggerakan jari-jemari yang dilapisi sarung emas. Penari paling depan membawa tepak sebagai Sekapur sirih untuk dipersembahkan kepada tamu,diiringi 2 penari yang membawakan pridon yang terbuat dari kuning. Persembahan sekapur sirih ini menurut aslinya hanya dilakukan oleh putri raja,sultan,atau bangsawan. Pembawa pridon biasanya adalah sahabat akrab inang sang pengasuh putri. Demikian pula penari penari lainya.
 
 
Semoga Bermanfaat.
 
 
Terima Kasih.
 
Terima Kas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar